Rabu, 15 Maret 2017

Tugas ke-2 Manajemen dan Kepemimpinan



Nama : Hanif Fikri Indratma
NIM:20160610263
Kelas : G


1.Tulislah minimal 2 atau maksimal 3,apakah cita cita karir masa depan anda setelah lulus FH UMY
2.Tulislah alasan memilih cita cita tersebut,dari mana pilihan itu muncul,siapa saja orang orang yang anda mohon pertimbangan
3.Tulislah sejelas jelasnya apakah deskripsi tugas atau uraian tugas dari jabatan yang anda pilih sebagai cita cita tersebut
4.Tulislah sejelas jelasnya apakah spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan,untuk jabatan yang anda cita citakan,tulis juga berapa gaju atau penghasilan jabatan tersebut.
Berdasarkan spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan,bandingkan dengan kemampuan yang anda miliki saat ini.Tulis secara runtut dan sejelas jelasnya bagaimana langkah langkah atau cara memenuhi persyaratan tersebut!Mohon langkah yang anda masukan harus realistis dan terukur.
Jawaban:
Cita-Cita:

a. Notaris
Saya ingin sekali menjadi seorang notaris karena menurut saya itu adalah pekerjaan yang berpenghasilan cukup, saya juga tertarik karena notaris adalah
profesi untuk seseorang yang telah mendapatkan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah untuk melakukan hal-hal hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan pada dokumen.

Legal Officer
Menjadi seorang Legal Officer juga merupakan cita-cita saya karena dalam pekerjaan ini kita sebagai konsultan hukum perusahaan, yaitu memberikan nasihat atau opini hukum kepada pemimpin perusahaan dan juga bisa sebagai pelaksana perusahaan, yaitu menyiapkan dan mengurus perizinan.

Tugas

Notaris
  • Membuat akta pendirian/ anggaran dasar: badan-badan usaha, badan sosial (yayasan), koperasi dll, dan mengurus pengesahannya apa jenis badan usaha?
  • Membuat akta-akta  perjanjian, misalnya:
  1. Perikatan jual beli tanah
  2. Sewa menyewa tanah
  3. Hutang piutang
  4. Kerjasama
  5. Perjanjian kawin, dll
  • Membuat akta wasiat
  • Membuat akta fidusia
  • Melegalisir (mengesahkan  kecocokan fotocopy surat-surat)
  • Membuatkan dan mengesahkan (legalisasi) surat-surat di bawah tangan, misal:
–        Surat kuasa
–        Surat pernyataan
–        Surat persetujuan
  • Membuatkan dan mendaftar/  menandai/ mewarmeking surat-surat di bawah tangan, dll

Legal Officer
Legal Officer bertugas mengurus semua dokumen, perizinan, serta permasalahan hukum yang terjadi dalam perusahaan. Sebagai konsultan hukum perusahaan, yaitu memberikan nasihat atau opini hukum kepada pemimpin perusahaan, sebagai advokat perusahaan, yaitu mewakili perusahaan jika terjadi masalah di pengadilan, sebagai pelaksana perusahaan, yaitu menyiapkan dan mengurus perizinan. 

Syarat

a. Notaris
Syarat untuk dapat diangkat menjadi Notaris sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Undang-Undang No. 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris adalah:
  1. Warga negara Indonesia;
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Berumur paling sedikit 27 tahun;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Berijazah sarjana hukum dan lulusan jenjang strata dua kenotariatan;
  6. Telah menjalani magang atau nyata-nyata telah bekerja sebagai karyawan Notaris dalam waktu 12 bulan berturut-turut pada kantor Notaris atas prakarsa sendiri atau atas rekomendasi Organisasi Notaris setelah lulus strata dua kenotariatan; dan
  7. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat,  atau tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh Undang-Undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan Notaris. 
 Legal Officer
Untuk menjadi seorang Legal Officer biasaynya setiap perusahaan mempunyai syarat yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya adalah memiliki latar belakang pendidikan hukum. Semakin tinggi syarat minimal pendidikannya maka biasanya akan semakin tinggi pula jabatan dalam perusahaan itu. Perusahaan biasanya juga memberikan syarat yang umum seperti mampu bekerja didalam tim maupun individu, mampu bekerja sesuai target, mempunyai jiwa bekerja keras, dll.

Spesifikasi yang saya miliki untuk menjadi seorang Notaris atau Legal Officer
1.WNI dengan adanya KTP
2.Mengakui tiada Tuhan selain Allah
3.Saya pernah menjadi pengurus perizinan even di Sma maupun dalam organisasi kepemudaan, paling tidak itu adalah titik awal saya untukkedepannya.
4. Saya mempunyai kemauan yang menurut saya itu tinggi untuk mencapai suatu hal yang saya inginkan. 
5. Saya adalah mahasiswa fakultas hukum yang mau bekerja keras untuk lulus dan mendapatkan nilai tinggi untuk meraih gelar saya sebagai sarjana hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar